Microsoft – Yahoo, Akuisisi yang Melahirkan Babak Baru

Penawaran Microsoft atas akuisisi Yahoo beberapa hari yang lalu terus saja mendatangkan berbagai tanggapan. Nilai $42 milliar dollar Amerika ini rupanya cukup membuat Google gelisah. Banyak pihak meramalkan jika akuisisi Microsoft atas Yahoo berlangsung, maka tak pelak lagi pihak yang paling terancam adalah Google. Permasalahannya tak lain pastilah masih seputar perebutan pasar online advertisement yang selama ini dimonopoli oleh raksasa iklan Google.

Jika proses akuisisi ini berlangsung, maka tentu saja dapat mempengaruhi peta persaingan iklan online keduanya. Pertanyaan yang kemudian menggelitik banyak pihak adalah, apa yang akan dilakukan Microsoft jika berhasil mengakuisisi Yahoo. Akankah Microsoft menggabungkan kedua portal ini atau justru akan mengintegrasikan desktop applicationnya ke media online? Pihak Microsoft sendiri belum memberikan keterangan seputar apa yang akan mereka lakukan dengan brand Yahoo jika akuisisi tersebut terjadi.

Seperti yang diketahui, Microsoft sendiri sebenarnya sudah mempunya Yahoo-nya sendiri, yaitu MSN. Namun MSN tidak mempunyai ranking yang cukup baik dalam hal kunjungan bagi Microsoft, karena hanya menempati urutan ketiga setelah Google dan Yahoo. Layanan search engine MSN sendiri masih tergolong lambat walaupun sudah ditempatkan secara ‘Live’ oleh Microsoft. Sebagian orang meramalkan mungkin web content dari Microsoft akan masuk ke dalam Yahoo, yang mempunyai lebih banyak variasi koleksi pemberitaan dan features yang terhimpun dari berbagai provider. Seorang CEO dari Nucleus Research, Ian Campbell menyatakan, “Kemungkinan MSN yang akan masuk ke dalam Yahoo, karena akan sangat bodoh jika membiarkan keduanya tetap terpisah.”

Dari pihak Microsoft, Brad Smith mengatakan bahwa usaha akuisisi Microsoft terhadap Yahoo merupakan salaha satu langkah antisipasi untuk menghindari semakin mendominasinya Google di Internet. “Microsoft mempunyai komitmen untuk menjaga keterbuakaan, inovasi dan perlindungan privacy di Internet. Kami yakin kombinasi Microsoft dan Yahoo di Internet akan dapat mewujudkan tujuan tersebut”, kata Smith.

Menurut comScore Media Metrix, jika Microsoft dan Yahoo bersatu, maka mereka akan menguasai 16% market Internet. Angka tersebut masih jauh dibandingkan dengan penguasaan Google yang mencapai 62%. Namun di lain pihak, Microsoft dan Yahoo mempunyai angka yang besar daripada Google dalam menguasai pasar e-mail dan instant messaging.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: