Sumber Listrik Setipis Benang



Seorang ilmuwan di Amerika Serikat telah membuat teknologi baru dalam hal distribusi listrik. Peneliti bernama Profesor Zhong Lin Wang itu meneliti serabut sebesar benang agar bisa menghantarkan listrik.

Zhong Lin Wang menyebut hasil penelitian itu sebagai microfiber nanogenerator. Nanogenerator tersebut terdiri atas dua jenis serabut. Serabut pertama terbuat dari bahan polymer. Polymer yang dimaksud adalah bahan seperti benang. Kemudian serabut itu dilapisi zinc oxide.

Zinc oxide (ZnO) adalah suatu komposisi kimia yang terdiri atas bahan seng dan oksigen. Bentuk alaminya seperti serbuk berwarna putih. Bahan kimia itu tidak larut dalam air, namun pada cairan asam dan alkaline.

Serabut kedua masih tetap menggunakan bahan dasar polymer. Tapi, lapisan yang digunakan menggunakan bahan emas. Itu dilakukan agar serabut bisa berfungsi maksimal sebagai konduktor.

Nanogenerator dirancang untuk memanfaatkan energi dari sumber lingkungan. Seperti ombak, ultrasonik, arus darah, atau getaran mekanis lain. Tegangan ataupun arus bisa dihasilkan apabila serabut berlapis emas digesekkan bersamaan ke serabut berpelindung zinc oxide.

Akibat pengaruh pergeseran tubuh, kawat akan mengonversi gerakan mekanis ke dalam bentuk listrik. Energi yang dihasilkan juga lumayan besar. Cukup untuk melakukan isi ulang pada baterai seluler dan PMP (portable media player).

Nanogenerator itu bisa menghasilkan arus hingga 800 nanoamperes dan tegangan sebesar 20 millivolts. Selain itu, daya yang dihasilkan bisa mencapai 80 miliwatt.(dey/bs/kkn)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: